Manfaat Senam Aerobik untuk Kesehatan

Senam merupakan salah satu olahraga yang dinilai paling menyenangkan oleh kebanyakan orang. Jenis olahraga ini merupakan bagian dari olahraga kardio. Contoh senam yang sekarang banyak digandrungi berbagai kalangan adalah aerobik. Tak hanya bermanfaat sebagai penurun berat badan saja, tetapi juga bisa untuk memperbaiki pernafasan dan kekuatan jantung.

Manfaat lain sebenarnya juga sangat banyak untuk kesehatan. Tetapi untuk sebagian orang hanya menganggap aerobik untuk mengontrol berat badan saja. Nah, berikut ini adalah perluasan manfaat dari senam itu sendiri.

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Melakukan senam setiap hari ternyata mampu meningkatkan sistem imun yang Anda miliki. Hal ini bisa mencegah tubuh Anda mudah untuk terjangkit penyakit seperti batuk, demam, pilek dll.

  1. Menstabilkan gula darah

Insulin pada tubuh manusia secara tidak langsung akan terkontrol dengan sendirinya jika orang tersebut sering melakukan pergerakan seperti olahraga. Begitu juga dengan senam yang akan membantu menstabilkan gula darah karena kadar insulin sudah seimbang.

  • Memperbaiki kualitas tidur

Senam dapat membuat tidur Anda menjadi lebih nyenyak daripada sebelumnya. Cara ini sangat cocok dilakukan oleh orang yang sering mengalami insomnia. Tetapi tetap harus mengatur jam senam agar tidak terlalu berlebihan dan terlalu mepet dengan jam tidur Anda.

  • Memperbaiki mood

Biasanya hal ini sering terjadi dengan wanita yang mendekati waktu datang bulan. Hormon yang meningkat sering menyebabkan seseorang selalu ingin terbawa emosi. Nah, olahraga senam ini dapat meredakan ketegangan pada tubuh agar lebih rileks.

  • Meningkatkan kinerja otak

Tidak pernah melakukan senam ternyata juga dapat mempengaruhi kinerja otak pada tubuh manusia. Olahraga ini berfungsi untuk memperkecil resiko hilangnya jaringan pada otak, sehingga hal ini mampu mendorong kemampuan manusia dalam berpikir secara kognitif.

Itulah beberapa penjelasan dari manfaat senam aerobik yang diperoleh jika dilakukan secara rutin dan cukup. Anda dapat melakukan senam ini baik secara individu maupun kelompok. Karena senam ini termasuk olahraga yang fleksibel bisa dilakukan dimanapun Anda berada.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *