Langkah-Langkah Melakukan Senam Aerobik

Senam aerobik merupakan latihan berupa gerakan secara sistematis pada bagian tubuh untuk menjaga badan tetap sehat. Biasanya Gerakan senam ini akan diiringi oleh musik agar terasa lebih semangat menyenangkan. Agar lebih seru lagi jika melakukan latihan ini secara beramai-ramai. Tentunya setiap gerakan yang pada senam ini memiliki manfaatnya sendiri bagi anggota tubuh. Namun, untuk melakukan oleh raga ini tidak boleh sembarangan. Ada hal yang perlu diperhatikan agar senam Anda bisa mendapatkan manfaat yang maksimal. Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda tahu saat melakukan senam.

  • Pemanasan

Pemanasan sebelum latihan inti wajib dikerjakan karena dapat menghindari cidera. Pada dasarnya pemanasan ini berfungsi untuk mempersiapkan otot dan sendi Anda agar tidak kaget saat latihan. Selain itu dengan melakukan pemanasan akan meningkatkan denyut jantung serta suhu tubuh menjadi lebih tinggi. Beberapa gerakan yang bisa Anda lakukan ketika pemanasan yaitu jalan di tempat, memutar leher secara perlahan, menggerakkan lengan dari bawah keatas secara berulang. Latihan ini bisa Anda lakukan selama kurang lebih 7 menit sebelum latihan inti.

  • Latihan Inti

Jika pemanasan dirasa sudah cukup, Anda bisa memulai latihan inti senam aerobik. Biasanya latihan inti akan memakan waktu 30-60 menit dengan intensitas gerakan yang tinggi. Umumnya gerakan awal senam aerobik berupa marching yaitu jalan di tempat dengan catatan mengangkat kaki setinggi betis. Ada beberapa jenis gerakan inti yang bisa Anda lakukan dalam senam ini contohnya Jogging, Kicking, Double step, Grapevine, Leg Curl, dan yang terakhir adalah Hell touch. Gerakan Heel touch dilakukan dengan cara menyentuhkan  tumit kanan dan kiri sehingga kaki menjadi tumpuan utama dari berat badan. Jangan lupa untuk sedikit menekuk lutut Anda.

  • Pendinginan

Jangan buru-buru beristirahat setelah melakukan latihan inti senam aerobik. Anda perlu melakukan pendinginan agar kecepatan denyut jantung menurun menuju detak jantung normal. Gerakan pendinginan ini hampir mirip dengan pemanasan tadi. Luangkan waktu Anda untuk melakukan gerakan pendinginan selama 7 menit.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *