Ingin Melakukan Aerobik di Rumah? Ini 5 Jenis Gerakan yang Bisa Dicoba!

Rutin melakukan senam aerobik akan mendatangkan banyak manfaat bagi tubuh, apalagi jika diimbangi dengan pola makan sehat. Tetapi karena situasi pandemi virus corona seperti sekarang, kegiatan senam yang menyebabkan perkumpulan banyak orang pun harus dihentikan sementara. Tetapi kamu tak perlu risau tidak bisa melakukan kegiatan senam ini di rumah.

Ternyata senam aerobik juga bisa dilakukan di rumah. Meski tidak seseru dan seasyik melakukannya bersama komunitas, setidaknya kamu tetap bisa menjaga tubuh tetap sehat dengan gerakan senam aerobik. Berikut ini beberapa gerakan senam aerobik yang dapat dilakukan di rumah.

  1. Rocket jump

Gerakan senam pertama yang dapat kamu lakukan di rumah adalah rocket jump. Rocket jump adalah gerakan melompat. Caranya sangat mudah. Berdirilah dengan kaki sedikit terbuka. Tempelkan kedua telapak tangan hingga menyentuh paha, bersamaan dengan ini kamu juga harus sedikit membungkukkan badan. Kemudian melompatlah dan mendaratlah dengan perlahan. Lakukan gerakan ini 15 – 25 kali.

  1. Squat jump

Pada gerakan yang kedua ini, kamu masih dengan gerakan melompat, yaitu gerakan squat jump. Gerakan ini dilakukan posisi awal badan berjongkok dengan punggung masih lurus. Lengan ditekuk sehingga siku berada di sisi kanan dan kiri lutut. Melompatlah dengan kaki melebar dan mendaratlah ke posisi semula secara perlahan. Lakukan pengulangan 15 – 25 kali.

  1. Burpee

Jika kedua gerakan di atas dilakukan dengan melompat, gerakan yang satu ini berbeda. Posisikan badan dengan posisi jongkok seperti akan duduk. Letakkan telapak tangan hingga menyentuh lantai. Tarik badan ke belakang hingga posisinya seperti posisi push up. Kemudian kembalilah ke posisi awal secara perlahan. Ulangi gerakan semacam sebanyak 2 set  atau 15 – 25 kali.

  1. Reverse lunges

Gerakan senam aerobik berikutnya adalah reverse lunges. Posisikan badan tegak berdiri di awal. Kemudian ambil langkah besar ke belakang menggunakan kaki kiri dan posisi badan sedikit turun. Posisikan lutut tertekuk dan berat badan lebih condong ke depan. Dari posisi tersebut, kembalilah ke posisi awal, yaitu tegak berdiri. Lakukan cara yang sama dengan kaki yang berbeda.

  1. Squats with Arms Overhead

Gerakan squats with arms overhead tidak sulit dilakukan. Pertama, berdirilah dengan kaki terbuka. Rentangkan kedua tangan ke atas, buatlah sisi telapak tangan saling menghadap. Tarik pinggul ke belakang dengan posisi lutut ditekuk. Ketika menarik pinggul ke belakang posisimu akan seperti orang yang mencoba duduk. Kembalilah ke posisi awal dengan memanfaatkan otot bokong.

Gerakan-gerakan tersebut mudah dilakukan, bukan? Untuk mendapatkan tubuh yang sehat kamu dapat melakukannya dimana saja. Jaga pola makan sehat sehingga senam aerobik yang kamu lakukan semakin terasa manfaatnya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *