Gerakan Senam Aerobik

Senam aerobik merupakan jenis olahraga senam yang banyak di ikuti masyarakat. Dalam sekali senam bisa di ikuti orang banyak sekaligus. Melakukan aktivitas tersebut sangat memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. Layaknya olahraga pada umumnya gerakan senam sangat bervariasi serta seru untuk di ikuti. Kata aerobik itu sendiri mengacu agar mendapat oksigen lebih banyak masuk ke tubuh. Beberapa gerakan senam jenis aerobik akan dijelaskan secara lengkap di bawah ini:

  1. Pemanasan

Sebelum melakukan olahraga apapun pasti Anda butuh yang namanya pemanasan. Pemanasan sangat penting agar tubuh siap untuk melakukan aktivitas berat. Sama halnya dengan senam,  nantinya ada beragam macam gerakan yang harus di ikuti. Nah pemanasan ini bertujuan agar otot dan sendi tidak kaku atau kram saat beraktivitas. Anda bisa melakukan pemanasan seperti lari di tempat,  menggerakan tangan atau kaki ke sisi kanan kiri dan lain-lain.

  1. Gerakan inti

Setelah melakukan pemanasan kurang lebih 5-10 menit kini Anda siap masuk ke gerakan inti. Dalam senam aerobik memiliki gerakan yang sangat bervariasi untuk di ikuti. Gerakan  senam untuk latihan inti dapat berupa pelemasan, ketangkasan,  keseimbangan,  jalan dan lari, kelincahan serta masih banyak lagi. Untuk gerakan aerobik pun banyak beberapa yang di ikuti pemula ialah jogging,  marching,  kicking,  melangkahkan dua langkah ke kiri kanan atau yang dikenal double stap,  leg curl dan masih banyak gerakan lainnya.

  1. Pendinginan

Setelah melakukan aktivitas senam selama 30-50 menit,  jangan lupa untuk melakukan pendinginan. Pendinginan sangat penting agar denyut jantung terkontrol normal kembali setelah melakukan olahraga. Proses pendinginan membutuhkan waktu yang sama seperti  pemanasan yakni antara 5-10 menit sudah cukup. Mengenai gerakan cukup simpel Anda bisa melakukan peregangan ringan,  meluruskan kaki,  meluruskan tangan dan badan serta lain-lain.

Olahraga menjadi kebutuhan penting bagi manusia. Jika Anda tak sempat untuk melakukannya,  aktivitas senam aerobik bisa di pilih di waktu luang. Lagi pula setiap gerakan sangat simpel serta mudah di ikuti. Anda juga bisa mengajak rekan atau tetangga sekitar agar lebih seru. Beragam manfaat penting bisa diperoleh dari senam seperti menguatkan otot,  meningkatkan imun,  serta menurunkan berat badan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *