6 Manfaat Olahraga Aerobik Secara Rutin Untuk Tubuh

Selama ini aerobik selalu diidentikkan dengan aktifitas senam. Padahal aerobik juga berkaitan dengan aktifitas olahraga yang dapat meningkatkan denyut jantung. Ada perbedaan pengertian antara senam dan olahraga aerobik. Senam aerobik merujuk pada rangkaian gerakan untuk mengaktifkan otot yang diiringi dengan irama musik.

Sedangkan, yang dimaksud dengan olahraga aerobik adalah olahraga yang melibatkan banyak otot tubuh sehingga denyut jantung meningkat saat melakukan aktifitas tersebut. Istilah aerobik juga populer dengan sebutan kardio. Ada beberapa aktifitas yang tergolong ke dalam jenis olahraga aerobik, diantaranya jogging, berenang, bersepeda, dan sebagainya.

Olahraga aerobik memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Berikut ini manfaat olahraga aerobik untuk tubuh.

  1. Mengontrol berat badan

Olahraga aerobik dapat membakar kalori dan lemak dalam tubuh. Selain membakar kalori dan lemak, olahraga aerobik juga dapat mengencangkan tubuh, menurunkan berat badan, hingga memperbaiki postur tubuh.

  1. Menentukan massa otot dan tulang

Salah satu manfaat olahraga aerobik adalah mengencangkan otot-otot tubuh. Olahraga ini memiliki manfaat jangka panjang karena dapat menjaga keseimbangan tubuh dan kepadatan tulang. Bagi orang yang berusia lanjut, olahraga ini juga dapat mengurangi risiko cedera saat jatuh. Tanpa perlu melakukan olahraga yang ekstrem kamu dapat menjaga kesehatan tubuh.

  1. Mengurangi gangguan tidur

Olahraga aerobik dapat membantu mengatasi gangguan tidur. Ada studi yang menunjukkan bahwa keparahan penyakit insomnia kronis dapat berkurang jika melakukan olahraga ini secara rutin. Hal yang harus diperhatikan ketika akan melakukan olahraga ini. Sebaiknya lakukan olahraga aerobik minimal 2 jam sebelum tidur.

  1. Mengurangi depresi

Sebuah penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan setelah melakukan olahraga aerobik selama 30 menit dalam 10 hari. Gejala depresi dapat berkurang dengan melakukan olahraga aerobik secara rutin. Untuk itu, luangkanlah waktu setiap hari untuk melakukan salah satu kegiatan yang termasuk dalam olahraga aerobik.

  1. Meningkatkan kesehatan jantung

Dengan melakukan olahraga kardio, pompa dapat terpompa dengan baik ke seluruh tubuh. Manfaat yang didapat dari olahraga ini antara lain memperkuat jantung, menurunkan tekanan darah, dan menjaga pembuluh darah. Agar terhindar dari risiko penyakit, rutinkanlah melakukan olahraga ini setiap hari.

  1. Meredakan gejala asma

Salah satu manfaat yang didapat jika rutin melakukan olahraga ini adalah pengurangan frekuensi serangan asma serta tingkat keparahannya. Tetapi, sebelum memutuskan untuk melakukan olahraga ini sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu tentang olahraga aerobik untuk penderita asma. Mintalah rekomendasi mengenai jenis olahraga yang sebaiknya dilakukan.

Olahraga aerobik merupakan jenis olahraga yang dapat ditemukan dalam aktifitas sehari-hari. Misalnya berjalan kaki. Dengan berjalan kaki dalam jumlah langkah tertentu, kamu telah melakukan olahraga yang setara dengan olahraga aerobik.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *