4 Jenis Aerobik yang Harus Anda Ketahui

Aerobik tidak hanya sebatas senam, namun bisa menjadi pola hidup penunjang kesehatan Anda menjadi lebih baik. Senam yang pertama kali ditemukan pada tahun 1970 ini bahkan menjadi salah satu bidang olahraga yang dipertandingkan dalam tingkat nasional maupun internasional. Menurut ahli mengatakan bahwa Gerakan senam aerobik dapat membantu sistem dalam tubuh bekerja sesuai dengan fungsinya. Ada banyak jenis latihan aerobik yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan Anda. Berikut ini adalah 4 jenis aerobik yang harus Anda ketahui.

  • High-Impact Aerobics

Jenis Aerobik ini sangat cocok bagi anak muda yang memiliki semangat tinggi. High-Impact Aerobics adalah jenis senam yang menggunakan musik dengan tempo relatif cepat. Jenis senam ini dapat membakar kalori lebih cepat daripada jenis latihan aerobik yang lain. Dengan tempo lagu yang lebih cepat, otomatis gerakannya juga akan cepat. Selain itu, banyak gerakan melompat pada jenis latihan ini. Sangat disarankan untuk Anda yang ingin melakukan senam ini untuk memiliki dasar senam agar cidera dapat dihindari.

  • Low-Impact Aerobics

Berbeda dengan High-Impact Aerobics, jenis latihan Low-Impact Aerobics lebih cenderung menggunakan musik dengan tempo lambat dalam praktiknya. Jenis latihan ini sangat aman untuk ibu hamil, lansia, dan anak kecil karena gerakannya begitu sederhana dan mudah untuk diikuti. Low-Impact Aerobics sudah cukup membuat Anda berkeringat dan membakar kalori.

  • Discorobic

Seperti Namanya, Discorobic merupakan salah satu jenis latihan aerobic yang memanfaatkan musik disko sebagai pengiringnya. Musik disko biasanya memiliki tempo yang cepat namun lebih lambat jika dibandingkan dengan High-Impact Aerobics. Anda tidak memerlukan dasar senam untuk mengikuti jenis latihan aerobic ini. Instruktur senam akan memberikan contoh gerakan yang relatif mudah.

  • Sport Aerobics

Dari jenis aerobik yang ada, Sport Aerobics adalah jenis aerobic yang gerakannya paling sulit dan kompleks. Aerobik jenis inilah yang sering dipertandingkan di berbagai turnamen baik tingkat lokal maupun internasional. Bukan lagi latihan, Sport Aerobik sudah tergolong olahraga yang menggabungkan antara senam dan tarian yang memiliki nilai estetik.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *